Alat - Alat Pelindung Keselamatan Kerja Yang Dipakai Pada Bagian Otomotif

01.02



Saat kita bicara keselamatan kerja karena itu kita pasti bertemu dengan kecelakaan. Sebab memang sebenarnya kecelakaan tidak bisa dijauhi, tetapi cuma dapat diminimalkan. Tiap pekerjaan tentu memiliki kandungan risiko serta risiko ini bermacam jenis efeknya. Oleh karenya beberapa pekerja selalu harus mematuhi tiap ketentuan keselamatan yang telah diputuskan oleh perusahaan. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Bermacam jenis beberapa alat pelindung kecelakaan yang ada sekarang, tetapi terhusus pada artikel ini saya cuma akan mengulas tentang alat pelindung kecelakaan yang dipakai di bagian otomotif terkhusus buat beberapa mekanik.

Pada umumnya alat - alat pelindung keselamatan kerja yang dipakai pada bagian otomotif terdiri mejadi 2 yakni :

1. Alat pelindung keselamatan pada kendaraan
Alat - alat yang dipakai untuk keselamatan pada kendaraan yakni :

Fender Cover berperan membuat perlindungan sisi dinding bonet kendaraan yang terpasang di bagian kanan, kiri serta depan
Seat Cover berperan membuat perlindungan tempat duduk dari kotoran yang mengambil sumber dari pakaian mekanik atau semacamnya
Steering Wheel Cover berperan membuat perlindungan roda kemudi supaya tidak gampang kotor
Floor Mat berperan untuk pelindung lantai kendaraan yang terpasang cuma di bagian pengemudi saja.
Untuk mengenali tipe - tipe pelindung kendaraan, pada artikel awalnya sudah saya catat Mengenali Pelindung Kendaraan Yang Dipakai Waktu Service.

2.Alat pelindung keselamatan pada manusia
Sedang alat pelindung keselamatan pada manusia tidak semua alat pelindung keselamatan dipakai. Mengenai alat - alat keselamatan kerja itu yakni :

a. Helm
Helm dipakai oleh beberapa mekanik saat kerja pada tempat mobil di atas ( mobil dinaikkan pada lift ). Tetapi beberapa industri otomotif eropa seperti BMW atau Merdedes tidak mewajibkan beberapa mekaniknya memakai helm saat kerja di bawah mobil. Ini sebab design sisi bawah kendaraan mereka tertutupi oleh oleh pelapis hingga meminimalkan berlangsung bentrokan benda dengan kepala mekanik.

b. Sepatu Safety
Sepatu safety telah jadi alat pelindung yang harus dipakai oleh beberapa mekanik diarea bengkel. Banyak peranan yang didapat saat memakai sepatu safety ini. Seperti tidak gampang terpleset sebab lantai yang licin sisa tumpahan oli. Sisi ujung sepatu yang dilindungi oleh besi akan membuat perlindungan kaki mekanik dari keruntuhan beberapa benda keras atau terlindac.

c. Kacamata
Di saat menggerinda atau bersihkan busi memakai mesin pembersih karena itu harus memakai kacamata. Disamping itu pekerjaan yang harus memakai kacamata ialah memukul elemen dengan palu. Tujuaannya supaya partikel - partikel logam yang tekelupas tidak tentang mata.

d. Sarung tangan
Sarung tangan cuma dipakai untuk menggenggam elemen - elemen yang panas. Pemakaian sarung tangan tidak diperbolehkan untuk menyetel benda - benda yang berputar-putar sebab ini benar-benar berbaha. Dicemaskan sarung tangan akan terlibat serta memunculkan kecelakaan pada elemen yang berputar-putar.

e. Masker
Masker yang dipakai oleh beberapa mekanik ialah tipe masker biasa, tidak sama dengan beberapa pekerja pengecat body kendaraan yang memakai masker spesial ( respirator ).

f. Ear Plus/ Ear Muff
Penutup telinga ini sebetulnya jarang-jarang dipakai oleh mekanik. Faksi bengkel juga bisanaya pun tidak sediakan alat ini. Tetapi beberapa ada pula yang menyiapkannya yang dipakai untuk beberapa pekerjaan yang memunculkan suara tinggi, seperti menggerinda serta semacamnya.

Demikian alat - alat pelindung keselamatan yang dipakai pada bagian otomotif. Bila kalian bercita -cita jadi mekanik, mengtahu ini ialah penting.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe