Cara Membuat Panel Board Lukisan Sendiri

20.27

Image result for Cara Membuat Panel Board Lukisan Sendiri

Seperti yang Kamu tahu jika harga untuk sepotong panel board lukisan cukuplah mahal. Sesaat menjadi pelukis, lakukan studi warna serta praktek melukis yang lain ialah satu kewajiban untuk meningkatkan ketrampilan Kamu.

Serta memakai panel board lukisan yang mahal cuma untuk latihan menurut saya ialah pemborosan uang. Tujuan saya, bila Kamu membuat lukisan untuk pameran dan lain-lain memakai papan panel berkualitas baik ialah satu kewajiban untuk "kualitas produk" Kamu, tapi di sini kita akan coba kurangi cost pembuatan panel board untuk arah studi praktek melukis.

Jadi, dengan membuat papan panel lukisan Kamu sendiri ialah pilihan yang baik untuk kurangi cost.

Oke berikut ini banyak hal yang Kamu perlukan serta langkah membuat papan panel lukisan dinding sendiri.

Berikut ini ialah beberapa materi yang butuh Kamu sediakan;

  • Papan MDF - 5 ml mtr. tebal (Untuk mempermudah Kamu bisa beli papan yang telah dipotong) 
  • Acrylic Gesso untuk priming papan (Kamu bisa beli dari toko seni lokal, beli yang murah) 
  • Kuas (Untuk memoleskan gesso ke papan, umumnya di toko seni mempunyai kuas spesial untuk gesso tapi memakai kuas standard 2 inci pun tidak permasalahan) 
  • Pernis kayu yang water based (Ini opsional untuk melapisi sisi belakang papan kanvas untuk menahan jamur atau serangan kutu kayu) 
  • Amplas (Pakai yang halus; 1000 grit bagus) 

Langkah membuat panel board lukisn
Pertama Kamu butuh memotong papan MDF Kamu jadi beberapa bagian kecil, referensi saya ialah 30 x 40 cm atau 20x 30 cm bila Kamu beli papan yang belum dipotong (1,2 mx 2,4 m)

Terkecuali bila Kamu pintar memakai gergaji tangan, semakin lebih baik untuk minta pertolongan dari tukang kayu yang Kamu kenal untuk memotongkan papan Kamu.

Saat papan Kamu siap amplas semua papan dengan amplas untuk bikin gesso lebih gampang melekat dengan baik di papan serta janganlah lupa untuk menyekanya untuk bersihkan debu sesudah Kamu usai.

Lalu melapisi papan MDF dengan akrilik gesso pada semasing papan, janganlah lupa untuk melapisi ke bagian sisi papan seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini

Untuk bagian lain papan (bagian belakang) Kamu bisa biarkan semacam itu atau dapat melapisinya dengan pernis kayu nanti.

Biarlah mereka jadi kering seputar satu sampai dua jam, serta saat telah kering terapkan pengamplasan susunan pertama gesso barusan dengan kertas amplas , tetapi kesempatan ini kerjakan lebih lembut dan ulangilah proses sampai 3x untuk hasil yang lebih baik.

Untuk bikin kuas kamu mengalir dengan gampang saat melapisi papan MDF dengan gesso, Kamu bisa membasahinya dengan air tapi lebih baik janganlah kebanyakan.

Sesudah Kamu lakukan priming/pelapisan basic pada bagian penting panel dengan gesso, saat ini waktunya untuk melapisi bagian belakang panel dengan pernis kayu. Ini ialah opsional, tapi sebab papan MDF bisa dengan gampang "terserang" oleh susunan jamur serta lumut jadi dengan melapisinya dengan vernis akan terhindar dari serangan hama kayu.

Berikan pernis dengan kuas yang lainnya janganlah pakai kuas yang Kamu pakai untuk gesso, untuk hasil yang lebih baik mengaplikasikan dua susunan pernis pada tiap-tiap belakang panel board lukisan.

Catatan! cuma terapkan pernis kayu disamping belakang janganlah diterapkan pada bagian gesso supaya papan kamu terlihat rapi.

Serta saat panel board lukisan yang kamu buat telah kering, saat ini kamu mempunyai banyak panel board lukisan untuk latihan serta study seni rupa Kamu.

Rangkuman
Saat kamu mulai membuat sendiri panel board lukisan di praktikan, sebetulnya tidak susah kok! serta tentu saja bisa mengirit biaya Kamu.

Bila Kamu ingin membuat panel board lukisan yang sifatnya untuk komersial atau untuk arah produksi "Komersial", Kamu bisa memakai papan Masonite dengan cara yang sama serta Kamu akan mempunyai panel board lukisan "premium"

Oke, saya berharap artikel singkat ini berguna serta janganlah lupa tinggalkan komentar berikut ini

Pakai tombol share sosial di halaman ini untuk bagikan artikel ini ke rekan facebook atau twitter Kamu

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe